KREATIFITAS ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) DALAM RANGKA HARI ANAK NASIONAL KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN 2015


NASKAH LOMBA
KREATIFITAS ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE)
DALAM RANGKA HARI ANAK NASIONAL
KABUPATEN BOJONEGORO
TAHUN 2015
“ANIMALS SHOW”
Oleh :
1.          ZUMROTUN NISAK
2.          SUGIARTI
3.          NOVA AGUSTIN


 
HIMPAUDI KECAMATAN SUMBERREJO
KOMPLEK MASJID AT-TAQWA SUMBERREJO

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Syukur kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan hidaahnya sehingga kami pendidik non formal dapat menyelesaikan penulisan naskah alat permainan edukatif ini dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) tingkat Kabupaten Bojonegoro tahun 2015.
Dengan kegiatan ini  memberikan kesempatan kepada pendidik anak usia dini untuk mengexplorasi kemampuan dalam hal kreatifitasnya, sehingga pendidik dapat membuat alat permainan dengan inovas-inovasinya guna memperbaiki dan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak didiknya.
Kegiatan semacam ini dirasa sangat perlu diadakan di tiap tahunnya secara berkesinambungan, guna mencari potensi-potensi yang tersembunyi dibalik kehebatan para guru-guru PAUD sehingga ditiap tahunnya akan muncul terus guru-guru yang hebat dan kreatif amin ...................
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Sumberrejo,   April 2015



Penulis









a.    Latar Belakang
Pendidikan anak usia dini adalah salah bentuk layanan pendidikan dan penyelenggaraan yang menitik beratkan pada pertumbuhan dan perkembangan dalam bentuk aspek nilai-nilai agama dan moral, sosial emosional, bahasa, kognitif dan juga aspek perkembangan fisik motorik baik motori kasar ataupun halus, yang mana kesemuanya sesuai dengan keunikan dan tahapan-tahapan perkembangan yang dilalui anak.
Dunia anak adalah dunia bermain dan surganya anak juga bermain, karena itulah anak harus dapat pembelajaran yang mampu merangsang kinerja otak dan kecerdasan tanpa harus meninggalkan surga dan kebahagiannya yaitu bermain untuk itu kami berusaha memberikan suatu mainan yang dapat merangsang dan mengasah kemampuan serta kecerdasan anak, tanpa harus mengeluarkan uang banyak dan pergi ke toko mainan, tapi memanfaatkan benda-benda di sekitar sudah mampu digunakan alat permainan dan pembelajaran yang menyenangkan.
Bermula dari minimalnya  pendapatan atau sumber keuangan, kita sebagai pendidik PAUD harus bisa semaksimal mungkin merubah dan mengasah barang tak berguna menjadi berguna. dengan pemanfaatan barang-barang sekitar yang sudah tidak terpakai lagi atau mendaur ulang barang-barang tersebut menjadi barang yang bermanfaat, dengan membudidayakan pembuatan alat-alat permainan ataupun alat-alat peraga edukatif menjadi salah satu solusi yang terbaik untuk menarik anak. pendidik harus tetap memberikan layanan pembelajaran yang kreatif dan inovatif, tanpa menggantungkan benda-benda atau alat-alat dari pabrik atau toko.
Salah satu yang menarik bagi anak pada alat permainan dan alat peraga edukatif adalah “animals show” secara langsung memberikan rangsangan pembelajaran bagi anak tentang ciptaan Tuhan. Hewan yang berbeda-beda dari segi fisik dan juga tempat hidupnya, serta APE ini banyak aspek yang dikembangkan diantaranya nilai agama dan moral, motorik halus, motorik kasar, kognitif, bahasa dan sosial emosional bagi anak.
Semoga dengan kreasi dari pendidik PAUD dari bahan bekas atau kain perca dapat menjadikan anak-anak semakin cerdas, berilmu, beriman, bertaqwa, dan telah siap untuk memasuki jenjang pendidikan selanjutnya menyongsong masa depan yang mulia.
b.   Tujuan
Dengan adanya lomba kreatifitas pembuatan alat permainan edukatif ini diharapkan dapat menggali kreatifitas para pendidik-pendidik yang ada dilingkup pendidikan anak usia dini baik formal ataupun non formal, selain itu menjadi inspirasi bagi pendidik PAUD untuk selalu kreatif, sehingga dapat memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi anak-anak didik meski dengan hanya dari sumber pendapatan yang minim tidak menjadikan masalah untuk memberikan pembelajaran yang maksimal, pembelajaran yang kreatif dan pembelajaran yang inovatif.

c.    Tema
Tema yang akan dikembangkan dalam kegiatan lomba kreatifitas pembuatan alat permainan edukatif ini adalah “Animals Show” pembelajaran melalui panggung yang dimainkan dengan kerjasama aktif sehingga komunikasi bisa terjalin dengan baik antara pendidik dan teman lain.

d.    Bahan-bahan
bahan yang dipakai pada pembuatan APE ini adalah :
1.    10 Kain flanel warna @ Rp. 2000
Rp.
20.000
2.    5 Dakron @ Rp. 1.000
Rp.
5.000
3.    Benang
Rp.
1.000
4.    5 Lem bakar @Rp. 1.000
Rp.
5.000
5.    2 Pak Mata itik @ Rp. 1.500
Rp.
3.000
6.    Isulatif
Rp.
1.000
7.    2 Kertas pembungkus kado @ Rp. 1000
Rp.
2.000
Total biaya yang dibutuhkan :
Rp.
37.000

e.    Alat
Alat yang diperlukan dalam pembuatan APE antara lain :
1.    Gunting
2.    Magnet
3.    Tembakan lem
4.    Pulpen
Alat untuk pembuatan panggung antara lain :
1.    Kardus
2.    Kain perca
3.    Kertas
4.    Lem
5.    Isolatif

f.     Proses Pembuatan
Dalam pembuatan APE “Animal Show” ada beberapa langkah antara lain :
1.    Pembuatan obyek (Binatang)
-       Siapkan kain flanel warna, bentuklah pola binatang yang akan di buat
-       Gunting pola pada kain flanel, kemudian jahit dengan benang dan jarum jahit beri lobang kecil untuk isi.
-       Isilah gambar pola yang telah dijahit dengan dakron agar nampak berisi

-       Tempelkan potongan-potongan kecil dari kain flanel sebagai hiasan sisik untuk ikan, bulu untuk ayam merak, dan kupu-kupu untuk sayap dengan lem bakar.
-       Pasang mata itik untuk mempercantik bentuk binatang tersebut dengan lem bakar.
-       Pasang pines/paku payung/magnet pada bagian bawah dari bentuk ikan, ayam merak, kupu-kupu dan kura-kura.
2.    Pembuatan panggung
-       Siapkan kardus, potong kardus bentuk selayaknya panggung yang megah.
-       Hiasi panggung tersebut dengan kertas untuk menutupi bahan aslinya.
-       Untuk menambah kesan menarik tambahkan korden yang terbuat dai kain perca  di samping kanan dan kiri panggung tersebut

g.    Cara menggunakan dan memainkan
1.    Siapkan panggung untuk animals show
2.    Tata obyek (bentuk-bentuk binatang) disamping panggung
3.    Biarkan anak-anak memilih teman yang akan diajak memainkan mainan
4.    Ajak kedua anak tersebut memilih sendiri binatang yang akan dimainkan
5.    Mainkan hewan yang dipilih layaknya dalang memainkan wayang-wayangan
Cuma bedanya mainan ini dimainkan dengan magnet yang dijalankan dari bawah panggung yang terbuat dari kardus
6.    Lakukan permainan ini dengan begantian dengan teman yang lain

h.   Aspek perkembangan
Dalam kegiatan yang menggunakan  APE ini banyak hal yang di dapatkan guru diantaranya dapat merencanakan untuk mengukur kemampuan anak didiknya yang mencakup 5 aspek sekaligus yakni :
1.    Pengembangan dibidang Nilai Moral dan Agama
-       Dapat memperkenalkan kehebatan dan kuasanya Allah SWT yang menciptakan  berbagai jenis dan bentuk hewan yang beda-beda dari segi fisik dan juga tempat hidupnya (baik hidup di darat, air, dan di dua temapat)
2.    Pengembangan fisik motorik halus
-       Melatih anak untuk bersikap sabar dan konsentrasi, hal ini nampak pada saat anak memainkan APE, yang mana anak harus konsentrasi dan mengkoordinasi antara tangan dan mata dalam waktu yang sama agar benda (binatang yang dipilih) dapat bergerak dengan magnet yang dipegang di bawah panggung.
3.    Pengembangan kognitif
-       Mengenal dan menyebutkan warna
-       Mengenal bentuk-bentuk geometri
-       Mengenal konsep bentuk ukuran (besar-kecil)
-       Mengenal lambang bilangan, huruf hijaiyah/huruf abjad
4.    Pengembangan bahasa
-       Menjawab pertanyaan apa, berapa, dimana, dan siapa?
-       Menyebutkan nama-nama binatang
-       Mampu bercerita dengan bahasa sendiri
5.    Pengembangan sosial emosional
-       Dapat bermain dan berkomunikasi dengan teman
-       Saling membantu antar teman
-       Sabar menunggu giliran
-       Menghargai teman dan tidak memaksakan kehendak

i.     Penutup
Demikian kegiatan lomba pembuatan alat permainan edukatif bagi pendidik PAUD di tingkat kabupaten, dirasa sangat penting sekali dengan kegiatan semacam ini sehingga kita mampu mengexplorasi untuk menunjukkan kemampuan kita menggali inspirasi, motivasi hal-hal yang baru menciptakan keanekaragaman APE.
Semoga dengan cipta APE ini bisa mengantarkan anak untuk menggali potensi yang di miliki, memperkuat wawasan, dan dapat berkembang sesuai tahapan yang dimiliki dan umumnya memberi manfaat bagi anak usia dini amin .......................
Penulis sadar dengan segala kekurangan, kritik dan saran sangat di harapkan demi kemajuan pendidik PAUD menghantarkan generasi bangsa. Mohon ma’af segala kekurangan dan terima kasih.



Comments

Popular posts from this blog

Berbagai Perguruan Pencak Silat yang Beraliran Setia Hati (SH)

SUSU COKLAT YANG MENYEBALKAN (Cerita Jaman Sekolah Dasar)

MAKALAH HAK DAN KEWAJIBAN GURU