KREATIFITAS ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) DALAM RANGKA HARI ANAK NASIONAL KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN 2015
NASKAH LOMBA
KREATIFITAS ALAT PERMAINAN EDUKATIF
(APE)
DALAM RANGKA HARI ANAK NASIONAL
KABUPATEN BOJONEGORO
TAHUN 2015
“ANIMALS SHOW”
Oleh :
1.
ZUMROTUN NISAK
2.
SUGIARTI
3.
NOVA AGUSTIN
HIMPAUDI KECAMATAN SUMBERREJO
KOMPLEK MASJID AT-TAQWA SUMBERREJO
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Syukur kehadirat Allah
SWT atas segala rahmat dan hidaahnya sehingga kami pendidik non formal dapat
menyelesaikan penulisan naskah alat permainan edukatif ini dalam rangka
memperingati Hari Anak Nasional (HAN) tingkat Kabupaten Bojonegoro tahun 2015.
Dengan kegiatan ini memberikan kesempatan kepada pendidik anak
usia dini untuk mengexplorasi kemampuan dalam hal kreatifitasnya, sehingga
pendidik dapat membuat alat permainan dengan inovas-inovasinya guna memperbaiki
dan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak didiknya.
Kegiatan semacam ini
dirasa sangat perlu diadakan di tiap tahunnya secara berkesinambungan, guna
mencari potensi-potensi yang tersembunyi dibalik kehebatan para guru-guru PAUD
sehingga ditiap tahunnya akan muncul terus guru-guru yang hebat dan kreatif
amin ...................
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Sumberrejo, April 2015
Penulis
a. Latar
Belakang
Pendidikan anak usia dini adalah
salah bentuk layanan pendidikan dan penyelenggaraan yang menitik beratkan pada
pertumbuhan dan perkembangan dalam bentuk aspek nilai-nilai agama dan moral,
sosial emosional, bahasa, kognitif dan juga aspek perkembangan fisik motorik
baik motori kasar ataupun halus, yang mana kesemuanya sesuai dengan keunikan
dan tahapan-tahapan perkembangan yang dilalui anak.
Dunia anak adalah dunia bermain dan
surganya anak juga bermain, karena itulah anak harus dapat pembelajaran yang
mampu merangsang kinerja otak dan kecerdasan tanpa harus meninggalkan surga dan
kebahagiannya yaitu bermain untuk itu kami berusaha memberikan suatu mainan
yang dapat merangsang dan mengasah kemampuan serta kecerdasan anak, tanpa harus
mengeluarkan uang banyak dan pergi ke toko mainan, tapi memanfaatkan benda-benda
di sekitar sudah mampu digunakan alat permainan dan pembelajaran yang menyenangkan.
Bermula
dari minimalnya pendapatan atau sumber
keuangan, kita sebagai pendidik PAUD harus bisa semaksimal mungkin merubah dan
mengasah barang tak berguna menjadi berguna. dengan pemanfaatan barang-barang
sekitar yang sudah tidak terpakai lagi atau mendaur ulang barang-barang
tersebut menjadi barang yang bermanfaat, dengan membudidayakan pembuatan
alat-alat permainan ataupun alat-alat peraga edukatif menjadi salah satu solusi
yang terbaik untuk menarik anak. pendidik harus tetap memberikan layanan
pembelajaran yang kreatif dan inovatif, tanpa menggantungkan benda-benda atau
alat-alat dari pabrik atau toko.
Salah
satu yang menarik bagi anak pada alat permainan dan alat peraga edukatif adalah
“animals show” secara langsung memberikan rangsangan pembelajaran bagi anak
tentang ciptaan Tuhan. Hewan yang berbeda-beda dari segi fisik dan juga tempat
hidupnya, serta APE ini banyak aspek yang dikembangkan diantaranya nilai agama
dan moral, motorik halus, motorik kasar, kognitif, bahasa dan sosial emosional
bagi anak.
Semoga
dengan kreasi dari pendidik PAUD dari bahan bekas atau kain perca dapat
menjadikan anak-anak semakin cerdas, berilmu, beriman, bertaqwa, dan telah siap
untuk memasuki jenjang pendidikan selanjutnya menyongsong masa depan yang mulia.
b. Tujuan
Dengan adanya lomba kreatifitas
pembuatan alat permainan edukatif ini diharapkan dapat menggali kreatifitas
para pendidik-pendidik yang ada dilingkup pendidikan anak usia dini baik formal
ataupun non formal, selain itu menjadi inspirasi bagi pendidik PAUD untuk
selalu kreatif, sehingga dapat memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi
anak-anak didik meski dengan hanya dari sumber pendapatan yang minim tidak
menjadikan masalah untuk memberikan pembelajaran yang maksimal, pembelajaran
yang kreatif dan pembelajaran yang inovatif.
c. Tema
Tema yang akan dikembangkan dalam
kegiatan lomba kreatifitas pembuatan alat permainan edukatif ini adalah “Animals
Show” pembelajaran melalui panggung yang dimainkan dengan kerjasama aktif
sehingga komunikasi bisa terjalin dengan baik antara pendidik dan teman lain.
d. Bahan-bahan
bahan
yang dipakai pada pembuatan APE ini adalah :
1.
10
Kain flanel warna @ Rp. 2000
|
Rp.
|
20.000
|
2.
5
Dakron @ Rp. 1.000
|
Rp.
|
5.000
|
3.
Benang
|
Rp.
|
1.000
|
4.
5
Lem bakar @Rp. 1.000
|
Rp.
|
5.000
|
5.
2
Pak Mata itik @ Rp. 1.500
|
Rp.
|
3.000
|
6.
Isulatif
|
Rp.
|
1.000
|
7.
2
Kertas pembungkus kado @ Rp. 1000
|
Rp.
|
2.000
|
Total biaya yang dibutuhkan :
|
Rp.
|
37.000
|
e. Alat
Alat yang diperlukan dalam pembuatan
APE antara lain :
1.
Gunting
2.
Magnet
3.
Tembakan
lem
4.
Pulpen
Alat untuk pembuatan
panggung antara lain :
1.
Kardus
2.
Kain
perca
3.
Kertas
4.
Lem
5.
Isolatif
f. Proses
Pembuatan
Dalam
pembuatan APE “Animal Show” ada beberapa langkah antara lain :
1.
Pembuatan
obyek (Binatang)
-
Siapkan
kain flanel warna, bentuklah pola binatang yang akan di buat
-
Gunting
pola pada kain flanel, kemudian jahit dengan benang dan jarum jahit beri lobang
kecil untuk isi.
-
Isilah
gambar pola yang telah dijahit dengan dakron agar nampak berisi
-
Tempelkan
potongan-potongan kecil dari kain flanel sebagai hiasan sisik untuk ikan, bulu
untuk ayam merak, dan kupu-kupu untuk sayap dengan lem bakar.
-
Pasang
mata itik untuk mempercantik bentuk binatang tersebut dengan lem bakar.
-
Pasang
pines/paku payung/magnet pada bagian bawah dari bentuk ikan, ayam merak,
kupu-kupu dan kura-kura.
2.
Pembuatan
panggung
-
Siapkan
kardus, potong kardus bentuk selayaknya panggung yang megah.
-
Hiasi
panggung tersebut dengan kertas untuk menutupi bahan aslinya.
-
Untuk
menambah kesan menarik tambahkan korden yang terbuat dai kain perca di samping kanan dan kiri panggung tersebut
g. Cara
menggunakan dan memainkan
1.
Siapkan
panggung untuk animals show
2.
Tata
obyek (bentuk-bentuk binatang) disamping panggung
3.
Biarkan
anak-anak memilih teman yang akan diajak memainkan mainan
4.
Ajak
kedua anak tersebut memilih sendiri binatang yang akan dimainkan
5.
Mainkan
hewan yang dipilih layaknya dalang memainkan wayang-wayangan
Cuma
bedanya mainan ini dimainkan dengan magnet yang dijalankan dari bawah panggung
yang terbuat dari kardus
6.
Lakukan
permainan ini dengan begantian dengan teman yang lain
h. Aspek
perkembangan
Dalam
kegiatan yang menggunakan APE ini banyak
hal yang di dapatkan guru diantaranya dapat merencanakan untuk mengukur
kemampuan anak didiknya yang mencakup 5 aspek sekaligus yakni :
-
Dapat
memperkenalkan kehebatan dan kuasanya Allah SWT yang menciptakan berbagai jenis dan bentuk hewan yang beda-beda
dari segi fisik dan juga tempat hidupnya (baik hidup di darat, air, dan di dua
temapat)
2.
Pengembangan
fisik motorik halus
-
Melatih
anak untuk bersikap sabar dan konsentrasi, hal ini nampak pada saat anak
memainkan APE, yang mana anak harus konsentrasi dan mengkoordinasi antara
tangan dan mata dalam waktu yang sama agar benda (binatang yang dipilih) dapat
bergerak dengan magnet yang dipegang di bawah panggung.
3.
Pengembangan
kognitif
-
Mengenal
dan menyebutkan warna
-
Mengenal
bentuk-bentuk geometri
-
Mengenal
konsep bentuk ukuran (besar-kecil)
-
Mengenal
lambang bilangan, huruf hijaiyah/huruf abjad
4.
Pengembangan
bahasa
-
Menjawab
pertanyaan apa, berapa, dimana, dan siapa?
-
Menyebutkan
nama-nama binatang
-
Mampu
bercerita dengan bahasa sendiri
5.
Pengembangan
sosial emosional
-
Dapat
bermain dan berkomunikasi dengan teman
-
Saling
membantu antar teman
-
Sabar
menunggu giliran
-
Menghargai
teman dan tidak memaksakan kehendak
i. Penutup
Demikian kegiatan lomba pembuatan
alat permainan edukatif bagi pendidik PAUD di tingkat kabupaten, dirasa sangat
penting sekali dengan kegiatan semacam ini sehingga kita mampu mengexplorasi untuk
menunjukkan kemampuan kita menggali inspirasi, motivasi hal-hal yang baru
menciptakan keanekaragaman APE.
Semoga dengan cipta APE ini bisa
mengantarkan anak untuk menggali potensi yang di miliki, memperkuat wawasan,
dan dapat berkembang sesuai tahapan yang dimiliki dan umumnya memberi manfaat
bagi anak usia dini amin .......................
Penulis sadar dengan segala kekurangan, kritik dan saran
sangat di harapkan demi kemajuan pendidik PAUD menghantarkan generasi bangsa.
Mohon ma’af segala kekurangan dan terima kasih.
Comments