Academie Frank Ropers Penchak Silat Setia Hati Terate, Siapa Mereka?

Ini adalah sebuah organisasi pencak silat yang saat ini berkembang di negara-negara eropa khususnya di Prancis. Beberapa negara sudah menggunakan jasanya untuk melatih beladiri tentara negara di sana. Organisasi inipun tampil setiap tahunnya di ajang Paris Bercy Martial Art Festival (semacam penampilan beladiri dari seluruh dunia termasuk pencak silat). Organisasi ini bernama Academie Frank Ropers Penchak Silat Setia Hati Terate didirikan oleh pria kelahiran Madiun dan wafat di Belanda bernama Turpijn yang dilanjutkan oleh muridnya bernama Frank Ropers. Organisasi ini berasal dari PSHT yang berpusat di Madiun. Mereka sengaja menghilangkan unsur pencak silat seperti kembangan untuk menyesuaikan dengan karakter orang-orang eropa. Organisasi ini mengupas teknik-teknik yang ada di PSHT menjadi beladiri taktis. Sempat mendapat protes oleh sesepuh SH Terate pada saat itu. Mungkin sang pendiri masih berbangga dengan nama SH Terate. Terbukti mereka masih menggunakan nama Setia Hati Terate. Tetapi sebenarnya organisasi ini tidak ada kaitannya dengan Persaudaraan Setia Hati Terate Pusat Madiun mereka sudah berdiri sendiri.
Turpijn sang pendiri Penchak Silat Setia Hati Terate di Prancis

Seperti di kutip dari  Situs Resmi Academie Franck Ropers Berbahasa Prancis dalam Sub Menu Penchak Silat =>Les origines.
apabila di terjemahkan kedalam bahasa Indonesia kurang lebih sebagai berikut :

Frank Ropers Murid dari Turpijn
Apa Pencak Silat? Pencak Silat adalah seni bela diri asal Melayu dari dua arus utama seni bela diri : penchak (dari Jawa, Madura dan Bali) dan Silat (berasal dari Sumatera).
Hal ini secara tradisional digunakan oleh pasukan komando Indonesia. Akademi Franck Ropers menarik pengajaran dari Guru Turpijn dan gaya Setia Hati Terate. Pencak Silat berarti "kemampuan untuk melawan dengan berbagai dan gerakan yang tepat"; Pencak didefinisikan sebagai "gerakan bervariasi dan terampil dari tubuh" dan Silat sebagai "seni pertempuran." Dalam Penchak semua aspek tempur dibahas: perkusi, scan, proyeksi, kunci, dislokasi, mengelak dan melawan dan dengan senjata ... Sebagian besar teknik Pencak diduga membunuh lawan ... Tujuan dari Pencak Silat adalah untuk menjadi efektif dalam pertempuran nyata. pejuang berpengalaman menggunakan tipu muslihat, hanya memukul poin penting dan tahu bagaimana untuk pergi ke trans untuk tidak takut dan tidak merasakan pukulan ... Pencak Silat, seperti banyak seni bela diri Asia, terdiri dari teknik dari menonton perkelahian binatang hutan. Misalnya, Harimo atau gaya harimau adalah salah satu gaya yang paling kuno dari Sumatera. Dalam gaya ini, penekanannya adalah pada posisi tanah sangat dekat: bersandar, berbaring, duduk atau jongkok. Para praktisi Harimo belajar menggunakan tangan mereka sebagai "kamp kaki" dan kaki mereka sebagai "tangan ekstra". bentuk yang dikodifikasikan Seperti di banyak seni bela diri, ada dikodifikasi kombinasi teknik (seperti pata karate atau kung fu tao) disebut Langka dan latihan gerakan yang disebut Jurus. Gaya Setia Hati Terate Di antara 150 gaya bertarung di kepulauan Indonesia, salah satu gaya paling terkenal adalah Setia Hati Terate yang diwakili di Eropa oleh master Turjpin dari Jawa. Nama sekolah ini menggabungkan dua kelompok kata: Setia Hati membangkitkan "jantung yang setia," mengacu pada kesetiaan pada aturan tertinggi. Terate adalah nama dari bunga lili air Indonesia, simbol ketenangan tenang dan keindahan, yang bagaimanapun dapat menunjukkan tiba-tiba beracun. Gaya ini diciptakan oleh Ki-Ngabehi Soherodiwirgo (alias Pak SoƩro), lahir pada tahun 1907 dan meninggal pada tahun 1948.

Comments

Popular posts from this blog

Berbagai Perguruan Pencak Silat yang Beraliran Setia Hati (SH)

SUSU COKLAT YANG MENYEBALKAN (Cerita Jaman Sekolah Dasar)

MAKALAH HAK DAN KEWAJIBAN GURU